Wednesday, November 18, 2020

tugas 6 ilmu sosial dasar

 pertanyaan: uraikan pendapat saya mengenai perbedaan karakteristik masyarakat desa dan kota, serta jika bisa memilih, akan memilih apa


jawaban: 

Masyarakat pedesaan memiliki kehidupan bersosialisasi yang baik, karena sedikit/tidak adanya pembatas antar warga untuk berinteraksi, serta kebanyakan warga yang bekerja tidak jauh dari tempat tinggalnya(misal petani) membuat kehidupan sosialisasi mereka aktif dan ramai. Sedangkan masyarakat perkotaan sendiri cenderung individualistis, ini karena banyak faktor yang menghambat masyarakat perkotaan untuk saling berinteraksi, seperti jarangnya keluar rumah karena banyak hal yang bisa dilakukan di rumah, orang yang pergi kerja pagi pulang malam, sehingga sulit memiliki waktu untuk berinteraksi dengan tetangga sekalipun, serta masih adanya pemikiran soal kasta bagi masyarakat perkotaan, sehingga banyak dari mereka memasang pagar rumah yang tinggi-tinggi, orang lain sulit melihat keadaannya, serta menimbulkan dampak terjadinya kesenjangan sosial  yang sangat jelas, yang di mana hal ini membuat interaksi sosial semakin sulit terjadi.

Jika ingin meminta pendapat saya mana yang saya lebih pilih, jelas sulit, karena saya yang sekarang sudah terprngaruhi pengalaman-pengalaman hidup di kota, tapi tidak pernah di desa, sehingga saya tidak bisa berpikir netral. Tapi jika masih ingin mengetahuinya, maka saya memilih menjadi masyarakat perkotaan, karena masyarakat perkotaan lebih memiliki akses teknologi.

No comments:

Post a Comment

sidang kompre gunadarma paket 2(sistem multimedia, grafik komputer 1, imk)

halo, gw mau cerita dikit pengalaman gw sidang kompre gundar siang tadi. jadi gw ambil paket 2 yang matkulnya itu sistem multimedia, grafik ...