Wednesday, November 18, 2020

tugas 4 ilmu sosial dasar

pertanyaan: peran sebagai pemuda, sebagai penerus bangsa,  dan persiapan bergabung dalam masyarakat


Jawaban: saya sebagai pemuda yang berperan menjadi penerus bangsa tentu perlu menyiapkan banyak hal, terutama untuk membuat Indonesia dapat menjadi lebih baik ketika generasi saya sudah tiba. Oleh karena itu, beberapa hal yang saya persiapkan adalah sikap, karakter, mental, serta ilmu. Untuk sikap dan karakter apa yang harus dimiliki oleh seorang pemuda, tentu saja sikap pantang menyerah, tetapi juga kritis terhadap suatu keadaan, supaya tidak salah ketika mengambil tindakan, dan karena itu juga seorang pemuda haruslah terdidik dan mampu bernalar dengan baik. Upaya yang sudah saya lakukan sebagai persiapan untuk menjadi bagian masyarakat Indonesia adalah belajar bagaimana hidup bermasyarakat yang baik, serta mempelajari bagaimana menganalisa situasi ketika sedang menghadapi situasi sulit di dalam masyarakat.

Saya melakukan proses sosialisasi biasa-biasa saja, seperti di lingkungan tempat tinggal saya, saya sering keluar rumah untuk belanja ke warung-warung sekitar rumah, ikut kerja bakti di lingkungan rt, serta ketika mau pergi, sering menyapa tetangga yang kebetulan bertemu di jalan. Untuk  yang bersifat global, saya kurang tau apa yang sudah saya lakukan, karena saya jarang pergi ke daerah-daerah jauh untuk bersosialisasi, tapi kalau saya sedang pergi mengunjungi keluarga jauh, saya merasa saya sudah melakukan cukup hal-hal yang sopan kepada warga-warga di lingkungan tersebut.


No comments:

Post a Comment

sidang kompre gunadarma paket 2(sistem multimedia, grafik komputer 1, imk)

halo, gw mau cerita dikit pengalaman gw sidang kompre gundar siang tadi. jadi gw ambil paket 2 yang matkulnya itu sistem multimedia, grafik ...