Wednesday, October 7, 2020

Tugas 2 Ilmu Sosial Dasar, Permasalahan Sosial

 PERMASALAHAN SOSIAL AKIBAT PANDEMI

1. Menurunnya taraf ekonomi masyarakat
    Semenjak diadakannya PSBB pertama, kondisi ekonomi masyarakat jelas menurun jauh, banyak umkm yang tutup, pegawai-pegawai yang diphk, dan lain sebagainya. hal ini termasuk dilema di masa pandemi, ekonomi atau kesehatan?

2. Banyaknya info yang simpang siur
    Di masa yang banyak orang panik seperti ini, tidak sedikit juga banyak yang memanfaatkannya untuk menebar info yang simpang siur, yang umumnya menganggap covid-19 ini adalah penyakit yang dibuat-buat dan termasuk kejahatan pemerintah. hal ini pun membuat masyarakat terpecah secara garis besar menjadi 2 kubu, yaitu kubu yang mempercayai bahwa covid adalah benar-benar pandemi, dan yang tidak percaya.

3. Masyarakat yang bebal, seakan-akan menjadi sebuah sabotase
    Seperti yang disebut di atas, kubu yang tidak mempercayai covid umumnya akan bertindak semena-mena, seperti tidak melaksanakan protokol kesehatan, mengajak orang lain untuk mengikuti jejaknya, bahkan sampai menghina-hina para dokter. perilaku mereka seakan-akan menyabotase usaha orang-orang termasuk pemerintah yang ingin pandemi ini cepat selesai.

4. Kegiatan belajar yang tidak kondusif
    Karena adanya pandemi, kegiatan belajar tatap muka pun ditiadakan, berubah menjadi belajar online atau PJJ atau BDR. Hal ini jelas menjadi masalah bagi beberapa orang, seperti halnya orang tua. Tidak semua orang tua dapat mengajar anaknya dengan baik, dan tidak semua orang tua juga dapat menguasai teknologi dengan baik, yang di mana hal ini menjadi masalah bagi mereka untuk mengajar anak mereka. Kemudian, tidak semua daerah terjangkau dengan baik oleh jaringan internet. Usaha pemerintah dengan membagi-bagikan kuota gratispun ternyata tidak dapat dinikmati semua pelajar&pengajar, terutama untuk mereka yang tinggal di daerah yang tidak terjangkau oleh internet. Dan yang terakhir menurut kalangan pelajar tersendiri khususnya, pembelajaran jarak jauh sangat tidak efektif karena kebanyakan guru hanya memberi tugas, dan kualitas tugasnya pun hanya asal salin dari google(itu yang saya dengar dari teman-teman saya yang masih mengenyam pendidikan di tingkat SMA, dan apa yang saya ketahui dari adik saya yang masih sd). hal seperti ini jelas membuat pelajar tidak menambah ilmu, melainkan hanya menambah capek karena hanya melakukan tugas-tugas yang disuruh seperti babu, tetapi tidak mendapatkan manfaatnya.

No comments:

Post a Comment

sidang kompre gunadarma paket 2(sistem multimedia, grafik komputer 1, imk)

halo, gw mau cerita dikit pengalaman gw sidang kompre gundar siang tadi. jadi gw ambil paket 2 yang matkulnya itu sistem multimedia, grafik ...