Tuesday, October 13, 2020

tugas 3 Ilmu Sosial Dasar

Sambal Tokok Tapaktuan

Baik, kali ini saya akan membahas makanan khas Aceh, tepatnya daerah Tapaktuan, yakni sambal tokok. mungkin masih jarang orang mendengar makanan ini, karena saya sendiri tau makanan ini karena nenek saya asli Tapak Tuan, dan saya pernah bertanya kepada teman-teman saya semasa sekolah, dan semua dari mereka tidak tau apa itu sambal tokok, bahkan ayah saya sendiri bercerita bahwa di daerah Banda Aceh pun sambal tokok jarang ditemui.

Sambal Tokok ini intinya ikan yang disuwir-suwir atau diulek sampai halus atau udang rebon, kemudian dimasak menggunakan asam sunti. Nah, yang khas di sini adalah asam suntinya. Nenek saya setiap ingin membuat sambal tokok, selalu menunggu kiriman dari saudaranya di Aceh sana, karena asam sunti sendiri adalah bumbu masak khas Aceh. Sebenarnya nenek saya bisa membuat asam sunti sendiri, karena bahannya terbuat dari belimbing wuluh, tapi ya seperti makanan khas daerah pada umumnya, entah bagaimana rasanya kurang nikmat dibanding dengan bumbu yg berasal dari tempatnya langsung.

Untuk waktu kapan biasanya sambal tokok dibikin, tidak ada waktu2 khusus. Kalau lagi ingin masak itu, ya masak, selama ada asam suntinya. Juga dari apa yang saya alami, selain bisa buat makanan sehari-hari, nenek saya sering memasaknya jika keluarga besar saya sedang kumpul.

Nah, saya pernah browsing-browsing di internet, menurut internet itu sambal tokok seperti apa, kebanyakan yang saya liat hanya disuwir-suwir, sehingga kelihatan seperti ikan biasa. Padahal, jika diulek sampai halus, ketika jadi teksturnya akan mirip dengan daging pada saus spaghetti, kecil-kecilnya sama menurut saya, jadi terasa halus, dan bisa diaduk-aduk dengan nasi, bedanya kalau ini rasanya asam, asin, dan pedas, tak lupa juga rasa khas ikan atau udang rebonnya.

Oiya, untuk porsinya sendiri, biasanya kalau nenek saya yang buat, pengambilan sebanyak 1 sendok makan sudah cukup berasa untuk 1 piring nasi. Itu lah kenapa kadang sambal tokok menurut saya bisa jadi makanan yang hemat, karena bisa cukup 1 sendok makan untuk 1 kali waktu makan.


berikut seperti apa kelihatannya sambal tokok itu



btw ini saya yang masak, dengan arahan dari nenek juga, tapi masih belum sebagus buatan nenek saya hehe



No comments:

Post a Comment

Rangkuman komputasi modern mengenai komputasi quantum

Quantum Computation / Komputasi Kuantum Memanfaatkan fenomena mekanika kuantum untuk memproses informasi Informasi diwakili oleh qubit y...